Langsung ke konten utama

10 tips SEO yang mudah namun efektif untuk pemula

10 tips SEO yang mudah namun efektif untuk pemula
10 tips SEO yang mudah namun efektif untuk pemula

Berikut dibawah ini adalah 10 tips untuk menjadikan website ter-index dengan baik oleh search engine seperti google.com.
Untuk anda yang baru mengenal apa itu SEO dan ingin belajar lebih dalam berikut adalah tips yang sangat penting sebagai fundamental dalam SEO.

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit apa itu SEO?

Search Engine Optimization atau di singkat SEO adalah cara yang anda lakukan terhadap website anda agar terindex di halaman pertama atau rangkin teratas pada hasil pencarian yang seusuai dengan kata kunci yang relevan terhap konten website anda.


Sebagai contoh : Apabila anda memiliki toko online jualan baju anak. Tentu apabila calon pengunjung sedang mencari di search engine dengan kata kunci “toko baju anak online” anda mengiginkan website anda berada di posisi teratas pada hasil pencarian.
Dengan begitu pengunjung akan mengalir masuk ke website anda yang kemungkinan besar akan terjadi sales atau aktivitas jual beli dikarenakan user tersebut memang sedang mencari baju anak yang bisa dibeli secara online.
Ada dua jenis hasil yang di tampilkan oleh mesin pencari google, yaitu hasil pencarian yang berupa iklan (akan langsung berada di posisi teratas). Produk iklan dari google ini dikenal dengan adwords. Dimana anda bisa membayar google untuk langsung menampilkan website anda dengan cara membayar. Yang perlu diingat adalah biaya iklan ini cenderung “mahal” bagi sebagian orang.
Yang kedua adalah hail pencarian organic atau alami dimana google menempatkan website anda di halaman pertama tanpa perlu membayar. Ini disebabkan oleh banyak fator, dimana kita akan membahas dasarnya di bawah ini.
Hasil organic inilah yang tentu menjadi idaman para pebisnis online. dikarena-kan google bekerja 24 jam non-stop yang berarti website anda akan kebanjiran sales secara terus menerus. Banyak diluar jasa seo yang berbayar yang bisa anda gunakan, namun apabila anda memiliki waktu luang, anda bisa banget kok lakuin sendiri.
Nah berikut dibawah ini adalah teknik dasar SEO yang perlu anda perhatikan pada saat membuat website atau dalam menjalan campaign SEO untuk website anda. Yang perlu diingat dari semua tips dibawah ini adalah jangan pernah melakukan SPAM!!

1. Backlink / link balik

Search engine seperti google memiliki banyak signal dalam algoritmanya untuk menempatkan website anda pada urutan atas / pertama pada hasil pencari. Nah backlink ini adalah salah satu signal atau faktor yang di gadang-gadang para online marketer sebagai salah satu faktor yang paling menentukan atau memiliki porsi persentase paling besar dalam menentukan hasil posisi website anda pada halaman hasil pencarian.
Backlink adalah dimana website lain memiliki link ke website anda. Usahakan link tersebut berasal dari website yang relevan dengan tipe website anda. Contoh apabila anda menyediakan jasa profesional fotographer maka anda bisa bergabung di forum-forum fotography lokal maupun internasional dan menjadi peserta aktif pada forum tersebut (gunakan backlink ke website anda pada bagian signature), Masih banyak cara untuk membuat baclink yang bernilai. seperti membuat press release, tutorial, artikel dan lainnya.

2. Optimalisasi struktur website anda.

Untuk hal ini ada baiknya anda mengerti sedikit HTML, namun tidak wajib. Caranya cukup mudah, anda tinggal google topik tersebut dan bagaimana melakukan perbaikan pada website anda,
Struktur yang perlu anda perhatikan adalah :
  • Heading (susunan tag h1, h2 dst) yang baik dan benar
  • Meta tags dan keyword. Ini adalah bagian dari website dimana setiap halaman idealnya memiliki penjelasa masing-masing sesuai konten yang ada. Apabila anda menggunakan open source CMS seperti wordpress hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan plugin SEO.
  • Pastikan setiap gambar memiliki alt dan image size.
  • Gunakan W3C validator untuk mengecek sintaks HTML anda yang tidak sesuai standard, tidak harus 100%, namun tentu lebih valid akan lebih baik.
  • Pastikan tidak ada link di website anda menuju halaman website yang tidak ditemukan / atau link mati.
  • Meta sosial media, twitter dan facebook sebagai contoh meminta anda untuk menyediakan tag dan meta yang sesuai dengan format mereka. Untuk facebook anda bisa menggunakan tools share debugger iniuntuk melihat apakah apabila ada orang melakukan share alamat website anda di Facebook susah sesuai dengan keinginan anda.
Anda juga bisa menggunakan tools SEO ini untuk membantu membuat analisa report secara otomatis hal-hal apa saja yang perlu di optimalisasi terkait struktur website anda. cukup masukan URL atau alamat website anda dan tools tersebut mampu mendeteksi error atau perbaikan untuk meningkatkan performa website anda.

3. Peta situs dan robots.txt

Peta situs atau biasa dikenal sitemap anda bisa generate dengan SEO tools ini, atau plugin. Sedangkan robots.txt file yang berfungsi untuk “berbicara” dengan search engine bahwa bagian website mana yang harus di index oleh search engine dan bagian mana yang tetap harus private, sebagai contoh bagian admin website anda. Tentu anda tidak ingin di index oleh google, karena itu akan membuat security hole pada web/aplikasi anda.
Generate secara otomatis sitemap dan robot.txt website anda menggunakan sitemap generator disini

4. Kecepatan website.

Faktor ini juga merupakan salah satu faktor yang perlu anda pikirkan. Gunakan hosting website yang cepat dan terpercaya adalah satu hal yang dapat membuat website anda loading dengan cepat. Selain pemilihan server yang cepat anda juga bisa menggunakn service seperti CDN (content delivery network) untuk membuat load lebih cepat karena CDN server akan melakukan caching atau copy website anda dan menyajiakan nya kepada pengunjung dari server CDN yang terdekat dengan lokasi pengunjung website anda.
Servis CDN yang bisa anda gunakan secara gratis adalah cloudflare.
Ada salah satu hal lainnya yang sering kali menjadi kesalahan dan membuat website anda menjadi lambat adalah penggunaan file gambar yang berukuran terlalu besar. Baiknya adalah selalu menggunakan gambar yang telah di kompres untuk penggunaan diwebsite.
Cara gampang adalah dengan selalu menggunakan resolusi 72 dan gunakan save for web apabila anda menggunakan photoshop.
Gunakan tools dari pingdom ini untuk melihat seberapa cepat website anda loading dan file-file apa saja yang membebani load website anda sehingga anda bisa melakukan optimalisasi.

5. Responsive website.

Google sebagai mesin pencari ingin website yang “direkomedasikan” oleh nya selalu terlihat bagus terlihat di semua jenis browser baik itu browser dari komputer desktop maupun browser pada gadget seperti hanphone dan tablet.
Selalu lakukan cek dan ricek dari gadget anda sendiri apakah website anda masih terlihat “bagus” dan jelas pada saat di akses dari hanphone dan tablet.
Anda bisa menggunakan tools ini, yang di ciptakan oleh google untuk membantu para pemilik website melihat performa websitenya dari browser desktop maunpun handphone. Anda juga bisa melihat hal-hal apa saja yang perlu di perbaiki. Usahan anda mendapat skor yang setinggi mungkin.

6. Bangun Kepercayaan dengan HTTPS.

Kepercayaan adalah hal mahal dalam semua hal, begitupun search engine seperti google ingin sedapat mungkin menyajikan website yang terpercaya. Apa itu HTTPS? HTTPS adalah port secure dengan menggunakan sertifikat SSL, perpanjangan dari port normal yang biasa kita gunakan yaitu HTTP (tanpa S).
Dimana untuk mendapatkan sertifkat SSL anda harus membelinya sekaligus melakukan verifikasi bahwa anda memiliki usaha yang sah. Banyak tingkatan SSL yang dapat anda miliki, makin tinggi tentu makin baik, namun makin mahal :). Tapi search engine makin suka loh.
Nah website dengan HTTPS kini lebih di utamakan “sedikit” oleh mesin pencari, signal atau faktor ini yang sedang banyak diperdebatkan. Tapi tidak ada salahnya anda menggunakan HTTPS, selain website anda menjadi lebih terpercaya kelebihan HTTPS adalah website anda akan lebih aman, sesuai dengan artinya, tambahan huruf S pada akhir itu adalah secure atau aman.

7. Update konten.

Ini yang paling sering ditanyakan para penggiat SEO, seberapa seringkah kita harus melakukan update pada website agar meningkatkan rangking website? Jawabannya adalah, tidak ada patokan khusus berapa sering, bahkan ada beberapa website klien desainbagus.com tidak pernah diupdate tahunan tetap menduduki rangking #1 hasil pencarian.
Namun apabila anda bertanya pada google atau mungkin ibu-ibu yang pergi kepasar (agak OOT tapi masih ok).. adalah kita semua tentu lebih menyukai yang fresh di bandingkan “sayuran” yang sudah lama.

8. Gunakan Fasilitas Tracking / Analytic

Google menyediakan jasa website analytic yaitu google analytic, dimana anda bisa mendaftar secara gratis. Fungsi Google analytic kurang lebih adalah sebagai tool untuk menganalisa pengunjung website anda, seperti berapa banyak kunjungan website anda, “siapa” pengunjung website anda, dari mana pengunjung tersebut datang ke website anda dan masih banyak fitur lainnnya yang sangat amat teramat bermanfaat untuk anda analisa.
Selain Google analytic. daftarkan website anda ke google webmaster dan bing websmater. Karena website yang memiliki analisa cenderung dinilai lebih ok oleh para search engine.

9. Domain atau alamat website.

Sebisa mungkin gunakan alamat website anda yang mirip dengan jasa/produk yang anda jual. contoh, gunakan jasadesainlogo.com untuk anda yang memiliki service jasa pembuatan desain logo dsb.
Sekali lagi ini adalah tidak mutlak dan tidak harus, namun yang perlu selalu di ingat ini adalah bagian dari signal / faktor mesin mencari “menilai” website anda. dibandingkan faktor backlink atau struktur website, porsi penamaan domain yang sesuai dengan jasa atau produk anda itu lebih kecil.
Yang kedua adalah, orang cenderung membeli domain itu pertahun. Saran saya adalah beli domain untuk jangka waktu yang lebih lama, seperti 3 atau langsung sekaligus 5 tahun. Ini menandakan anda memang “ber-investasi” terhadap aset anda dan lebih “serius”.

10. Online Profile

Yang terakhir dan TIDAK KALAH PENTING adalah sosial media. Dengan banyak nya sosial media saat ini, anda bisa dengan mudah dan gratis untuk mendaftar. usahakan selalu menggunakan username sesuai dengan alamat website anda. Pastikan bisnis online anda memiliki profile pada top sosial media yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin dan sudah tentu google plus.
Apabila anda memiliki toko fisik, maka sudah seharusnya website anda terindex oleh google map. Daftarkan segera bisnis anda di Google business, gratis!
Demikianlah secuil tips SEO yang bisa anda jadikan fundamental dalam checklist online marketing anda. Bahkan seringkali dengan mengikuti tips diatas webiste anda bisa langsung meluncur pada halaman 1 hasil pencarian tanpa harus susah payah membuat backlink.
Namun tentu kembali kebanyak faktor dan persaingan pada jenis atau tipe website anda. dimana seringkali apabila anda bersaing dengan perusahaan besar maka bisa sangat sulit bersaing di kata kunci tersebut, sebagai contoh mobil bekas, motor bekas dll..
Mengetahui hal tersebut diatas, sedikit tips lagi yaitu, hindarilah penggunaan kata kunci yang pendek (karena akan makin besar persaingan pada kaa kunci tersebut). Sebagai contoh: kata kunci “cuci karpet” akan jauh lebih sulit anda menangkan dibandingkan anda menggunakan kata kunci yang sedikit lebih panjang (namun masih sangat relevan) seperti “jasa cuci karpet kantor“. Maka maksimalkan konten anda pada kata kunci atau keywordyang lebih panjang atau yang biasa di sebut sebagai long tail keyword.
Namun tentu tidak ada yang tidak mungkin. Bahkan satu kata kunci pun bisa anda menangkan, Karena apabila anda mengembangkan dasar SEO ini, anda bisa menjadi seorang online marketer yang handal!

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Printer Canon Lambat Waktu Mencetak

Selamat datang di blog saya kali ini saya akan membahas masalah yang sering terjadi pada printer canon yang menjadi masalah pembahasan kali ini adalah kenapa priter saya lambat dalam mencetak sehingga memerlukan waktu yang lama. padahal documen yang akan dicetak banyak, langsung saja dalam pembahasan yang singkat ini disertai dengan gambar agar mudah difahami. ok langsung ke TKP. buka file lembarkerja anda klik file print selanjutnya klik properties klikmantenance klik custem setting rubah setingannya  klik ok selesai lihat gambar dibawah ini

Cara Jitu Perbaiki Error 5100 pada Printer Canon Mp237

Error 5100 adalah salah satu masalah yang paling sering dijumpai untuk printer merek Canon . Apalagi printer canon anda di pasang tabung infus. Pesan Error 5100 Pada Printer Canon MP237 Cara Jitu Perbaiki Error 5100 pada Printer Canon MP237 Penyebab Error 5100 Pada Printer Canon MP237 Error 5100 pada printer canon MP237 biasanya disebabkan oleh selang infus yang kita pasang berada pada posisi yang tidak tepat atau pemasangan selangnya yang kurang rapi sehingga menyebabkan selang infus menghalangi pergerakan dari rumah cartridge atau Carry Unit printer canon MP237 anda. Rumah Cartridge (Carry Unit) Printer Canon MP237 Baca Juga :  Cara memperbaiki printer canon IP2770 Kode error Printer Canon IP2770 Cara Memperbaiki Printer Canon Lambat Waktu Mencetak Memperbaiki hasil cetak yang bergaris Cara Jitu Memperbaiki Error 5100 Pada Printer Canon MP237 Matikan printer. Buka Cover Printer Canon Mp237. Cek selang infus yang menuju ke cartridge. Rapika